Sinusitis Maxillaris

hasil foto rontgen (waters) Sinunitis maxilaris kanan

Sinusitis merupakan suatu proses peradangan pada mukosa atau selaput lendir sinus paranasal. Akibat peradangan ini dapat menyebabkan pembentukan cairan atau kerusakan tulang di bawahnya.

Sinus paranasal adalah rongga-rongga yang terdapat pada tulang-tulang di wajah. Terdiri dari sinus frontal (di dahi), sinus etmoid (pangkal hidung), sinus maksila (pipi kanan dan kiri), sinus sfenoid (di belakang sinus etmoid).

Jenis sinusitis ada beberapa yaitu :

1. Sinusitis maxillaris biasanya bikin nyeri di pipi dan gigi atas
2. Sinusitis frontalis biasanya nongkrong di dahi bawah dan alis mata
3. Sinusitis sphenoid kerjanya menyiksa belakang mata, puncak kepala, dan pelipis. olehnya itu dia dijuluki “Sinu kejam”
4. Sinusitis ethmoid mempunyai daerah yang paling sedikit, ia hanya ada di balik mata.

Sinusitis banyak ditemukan pada penderita hay fever yang mana pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari alergi terhadap debu dan sari bunga. Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan bahan iritan seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung. Jangan dilupakan kalau sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Sinusitis maxillaris sendiri bisa disebankan alergi atau infeksi odontogen yang kronis. Ceritanya, gigi yang berlubang karena kuman dan tidak dirawat dengan benar akan mengakibatkan radang di daerah akar gigi (di dalam gusi). Keradangan yang tidak dirawat tuntas dan tidak dihilangkan penyebabnya akan meluas dan berlanjut menjadi bernanah.

Ujung akar gigi belakang kiri dan kanan atas, terutama gigi geraham paling depan, menempel persis di bawah rongga di bawah hidung (sinus maxillaris). Apabila gigi tersebut berlubang dan tidak dirawat, akan terjadi radang pada bagian bawah (lantai) sinus maxillaris. Radang itulah yang mengakibatkan timbulnya lendir di dalam rongga hidung. Sehingga, akan terus-menerus ingusan. Ciri2 lainnya bau mulut tak sedap, lendir yang timbul berbau, rasa nyeri di daerah pipi dan gigi yang terinfeksi.

Pengobatannya dapat berupa terapi antibiotik atau pebedahan.  And that’s what happened to me 8O

Inilah kronologis kejadinnya—————

Kata dokter THT di RS. Hasan Sadikin W mengalami sinusitis maxillaris kanan yang disebabkan oleh infeksi dari gigi graham W yang memang berlubang. Setelah beberapa kali konsultasi ke dokter dan Rontgen posisi waters sebaiknya sih harus di operasi AWO yaitu operasi lokal untuk membersihkan lendir di  daerah sinusitis yang terinfeksi. Otomatis W langsung panik, denger kata operasi aja dah ngilu T.T . Pas hari mau di operasi dokter ternyata meyarankan supaya gigi graham W dirawat atau dicabut soalnya biasanya kasus sinusitis dentogen ( gara2 infeksi gigi) bisa sembuh kalau sumber infeksinya di obati atau di cabut. Akhirnya hari itu W gak jadi di operasi dan pindah perawatan ke dokter gigi. Di dokter gigi disarankan untuk tidak di cabut melainkan dirawat saja selama 6 bulan. Dan yeah W bulak balik dokter gigi 6bl. Selama 1bl pertama setiap 1minggu W harus ganti obat 1mg 1x,  2bl selanjutnya 2mg 1x dan masuk ke bl ke 3 W sakit panas dan sinus W kambuh lagi. W baik ke dokter THT dan dokter nyuruh W foto waters lagi dah hasilnya jeng jeng jeng gak da bedanya sama foto Waters yang pertama, sinusistis maxilaris W masih ada. Paniklah W tuk kesekian kalinya. 8O

Kali ini dokter benar2 menyarankan untuk operasi AWO. W langsung telpon orang rumah jadi Mamah langsung dateng dr Bogor buat nemenin W operasi. Makasih buat Mamah yag slalu siap sedia buat anak2nya Love U always :D.

Yang namanya operasi mau lokal tetep aja serem. W jadi operasi tanggal 5 Agst 2010  hari Rabu jam 11.00 WIB. Persiapan W pake baju dari plastik supaya gak basah coz AWO tu kan pembilasan gitu jadi melibatkan banyak air ntar pasti “banjir” kata susternya hehee, trus di lapisi baju warna ijo yang kaya di tv klo orang mu di perasi :P . AWO nya gak terlalu lama sih, W dibius lokal di sekitar sinus kanan lewat hidung, trus dokternya bikin semacam jalan dari hidung ke daerah sinus supaya bisa dibilas, yang mengerikan adalah pas dokter bikin “jalan” ni di daerah pipi W serasa ada tulang yang remuk. * sampe sekarang W merinding klo inget2 itu ( tuh kan W merinding ). Setelah tercipta tu ‘jalan’ para suster masukin selang kecil buat air, dan dimasukalah bergalon2 air hehee lebay, gak ketang cuma di semprot air  beberapa kali. Ternyata bener aja cerita tentang “banjir” dr suster, air yang diseprotin tu harus W keluarin lagi kaya ngeluarin maaf  ‘ingus’ tp karena saking banyaknya air  ada yang keluar dari idung, dari mulut, ada juga yang ketelen  (airnya agak2 asin loh). Semua itu hanya berlangsung sekitar 10 menit, tapi itu 10 menit paling mengerikan .

Selesai operasi w dikasih Kasa takutnya ada darah yang keluar. pas Operasi sih mang cuma dikit darahnya tapi pas dah beres & w sama mamah lagi ngantri Obat, W jadi kaya orang mimisan n orang2 di apotek jadi liatin W. Kasa yang dikasih abis jadi W langsung minta kasa sama mba2 apoteker.

Kejadian ini pas beberapa hari sebelum ramadhan dan kalo dipikir lagi semua ini membawa hikmah yang besar buat W, apalagi pas beres baca artikel Nikmatnya Masalah dari kang Asep, semuanya menjadi lebih ringan. Tapi ya Allah jangan sampai sakit lagi. Amin :)

Buat semuanya,  jangan dianggap sepele kalo sakit gigi sebaiknya langsung konsultasi ke dokter.

About these ads

44 Comments

Filed under Life Alive, Sharing

44 responses to “Sinusitis Maxillaris

  1. gimana sekarang wulan?
    udah mulai sembuhkah?

  2. dian75

    waaaaaaaaah seyeeeem…
    *serem maksudnya.. hehe

    syukur deh klo udah sembuh ^^

  3. nidasa

    ooo…
    jadi itu teh bukan gara2 gigi W?
    hmm…hmmm…

    alhmdulilah deh kalo udah sembuh :D

  4. yogi

    baik-baik yua wulan…
    semoga sembuh total..
    amiin..

  5. Oke, akan saya ingat hal ini. :|

  6. krizna

    nahhh.. ini kejadian yang saya alami sekarang. bedanya saya kena sinusitis di kedua sisi pipi.. bahasa kerennya sih sinusitis maxillaris bilateral. dan diharuskan operasi dua kali…

  7. krizna

    iyah.. thanks yah… oia aku juga posting tentang sinusitis di blogku, kriznapraztya.blogspot.com. mudah2an bisa saling sharing..

  8. duh, mbak..
    aku mendadak cemen.. hikz..
    besok aku jg mau operasi tsb karena sinus jg diKanan..
    tapiii.. bkn karena gigi, melainkan alergi debu menahun.. :(

  9. Maaph numpang tanya itu apa yach koch sereemmm amat..??

  10. Saya sudah.. hahah.. asik juga tenyata operasinya.. bayangkan aja, 2 lubang hidungku dilubangi, 2 kali dalam tempo 1 minggu, karena dokter mengharuskan operasi 2 kali.. pengalaman seru dan menantang pastinya.. tapi setelah operasi, wuih kayak terlahir kembali.. hahaha.. semangat deh buat yg lagi dan mau menjalani operasi..

  11. mba wulan apa kalau lagi pilek ga kambuh lagi tu sakit sinutis maxillarisx, krn sy jg pernah niih dioperasi th 2003 pake bius total lagi, he,,he,,, soalnya takut kalau bius lokal aja tuh. Tapi skr kalau lagi pilek batuk nih ya pasti mulai kambuh sakit lgi tuh sinusitisx. Tersiksa banget aq neh.

  12. Wah saya sedang mengalami sinusitis maxilaris ni kayanya, baru tau setelah baca artikel ttg ini..gigi graham saya jg bolong dan pernah bernanah..minta saran dong, berobat yg bagus d bandung dmn ya tempatnya utk gigi dan sinus ?
    Thx..

    • periksa dulu aja buat mastiin…..siapa tau bukan….
      kalo waktu w sakit sih berobatnya di hasan sadikin,,,,
      klo referensi tempat lain kurang tau saya….

      moga2 sakitnya gak parah ya … :)

  13. Ayyinas Firays

    aku belum pernah operasi nih tapi kok kayaknya serem yaa.. :(
    aku sinusitis juga tapi s. maxillaris bilaria jadi kanan kiri. Tapi kata dokterku disedot aja.. Doain yo..

  14. Rahma

    Kemarin aq baru tau..klo kena sinus maxillaris. Tapi belum konsultsi lgi ke dokter apa perlu disedot atw operasi. Bedanya operasi sama sedot apa yaach?

  15. Luvie

    mbak… thanx utk share nya… waktu itu ga diterapi dgn sinar ya mbak?
    anak saya sedang kena sinus maxillaris didua roongga pipinya.. blom ada saran utk operasi yg seperti mbak alami. skrg sedang jalani terapi sinar gitu.
    mau tnya mbak kalo dioperasi brp lama masa pemyembuhannya? apa setelah itu makan dan minum normal?

    tq

    • dulu saya gak diterapi langsung operasi aja,,,
      alhmd penyembuhannya cepet sekitar 1-2 minggu udah normal lagi,, makan minun juga normal,,
      semoga cepet sembuh ya mba anaknya,,mga2 tanpa harus operasi :D

      • maureen

        Mba setelah operasi irigasi gt dlm beberapa hari masih bau2 ato ga ya, ak abis operasi tp uda seminggu masih kecium bau dari hidung apa itu normal?

      • Fania Ana Ardilla

        Itu maksudnya serasa remuk pas bikin jalan tuh knp?
        Kerasa bunyinya ajah apa sakitnya juga?
        Aku juga sinus ;( suruh oprasi tp takuut

      • gak sakit sih soalnya kan di bius juga… :P

  16. hary

    hai kaka.. sebenr’a arti dari maxillaris apa si ?
    aku baru masuk kuliah ni kaka jadi aku belum tau arti’a

  17. chandra dalimo

    klo boleh tau, yang memposting sinusitis maxillaris siapa dan pada tahun berapa mempostingnya ??

  18. puput

    Put juga kata dokter kena sinusitis :( dan d rujuk ke rs apa gt lupa buat oprasi atau apalah ga ngerti, katanya harus segera .. Tp bener2 takut :(

  19. Akhirnya tau juga.. sama kek ane ni adminnya. tapi ane di bagian kiri –> “sinusitis maxillaris kiri exudative” semoga tidak operasi *amiiin

  20. smoga yg menderita sinus lw bs jgn d operasi lho y..ntar kyak saya..merembet kemana2..

    • Merembet gimana maksudnya Mbak Lita?
      saya operasi juga (cuma dr-nya pake istilah irigasi sinus) sinus kanan-kiri. Malah sampai 2 kali karena dibilang kambuh lagi.

  21. Rina

    Gw di vonis sinusithis maxilaris jg sm dkter THT,
    tp gw nya mlah bngung hrus apa,,
    setahu gw ini tuh nyakitin bgt rasanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s